Biografi singkat Gabriel Batistuta

6-gabriel-batistuta

Nama lengkapnya adalah Gabriel Omar Batistuta. Dia lahir tanggal 1 Februari 1969. Batistuta merupakan mantan pemain sepak bola yang dulunya dijuluki Batigol. Penyerang Argentina produktif ini memainkan hampir seluruh karirnya di Fiorentina. Dengan 184 gol dalam 318 pertnandingan antara tahun 1991 hingga 2003, Batistuta merupakan pencetak gol terbanyak di urutan Sembilan dalam sejarah Liga Italia Serie A.

Sementara bagi tim nasional Argentina, dengan 56 gol dalam 78 pertandingan tim nasional dia masih jadi pencetak gol terbanyak. Batistuta mewakili negaranya di tiga Piala Dunia. Dia juga masuk ke dalam 100 daftar “125 Greatest Living Footballers” tahun 2004, sebuah daftar pemain sepak bola terbaik yang masih hidup, daftar resmi FIFA yang dipilih oleh pemain legendaris Pele.

Tahun 1991, Batistuta terpilih untuk ikut serta dalam skuad Argentina dalam Copa America yang diselenggarakan di Cile, di mana dia mengakhiri kompetisi tersebut sebagai pencetak gol terbanyak dengan 6 gol ketika Argentina berhasil meraih kemenangan. Selama kompetisi Copa America tersebut, wakil presiden Fiorentina sangat terkesan oleh bakat Batistuta dan membelinya untuk klub Italia tersebut.

Di tahun 1993, ketika klubnya Fiorentina didegradasi ke Serie B, Meski banyak tawaran yang menghampiri pemain ini untuk pindah, namun Batistuta tetap bertahan di klub dan justru membantu mereka kembali ke Liga papan atas satu tahun kemudian. Meski dia belum pernah memenangkan Liga Italia untuk Fiorentina, tetpai ketika dia pindah ke Roma tahun 2000, dia akhirnya bisa memenangkan Serie A untuk mengakhiri karirnya di Italia.

Batistuta mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola professional di Al Arabi, pension di bulan Maret 2005, setelah serangkaian cidera yang membuatnya tidak bisa bermain di atas lapangan kembali. Segera setelahnya dia pindah ke Perth, Australia. Di bulan April 2006, klub asal A-League, Perth Glory sengaja dijual karena masalah dana dan disebutkan saat itu juga bahwa Batistuta merupakan salah satu penawar dari calon pembeli klub tersebut.