Sejarah Piala Dunia FIFA

11-sejarah-piala-dunia

FIFA merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association. Lembaga ini didirikan tanggal 21 Mei 1904 di dekat markas Union Francaise de Sports Athletiques di Rue Saint Honore 229 di Paris.

Pakta yang meresmikan pendirian ini ditandatangani oleh wakil-wakil dari asosiasi berikut ini:

MFC Spanyol, UBSSA Belgia, USFSA Perancis, DBU Denmark, NVB Belanda, SBF Swedia, ASF Swiss.

Urugay merupakan Negara favorit yang menyelenggarakan gelaran Piala Dunia pertama untuk FIFA, karena sejumlah alasah seperti fakta bahwa mereka meraih medali Emas Olimpiade di tahun 1924 dan 1928. Turnamen Piala Dunia FIFA pertama digelar tanggal 18 Juli 1930 di Estadio Centenario di Montevideo di Uruguay. Hanya tim-tim dari Negara Eropa saja yaitu Perancis, Belgia, Romania dan Yugoslavia yang berpartisipasi. Alasan yang muncul banyak sekali, termasuk kriris ekonomi yang dihadapi oleh Eropa saat itu.

Sepak bola Italia terpilih sebagai Negara tuan rumah untuk menyelenggarakan Piala Dunia FIFA kedua. Babak kualifikasi diadakan untuk memilih 16 finalis. Kali ini juga Negara tuan rumah berhasil mengangkat trofi. Untuk pertama kalinya partai final ditransmisikan ke radio. Piala Dunia FIFA ketiga diselenggarakan oleh Negara pendiri FIFA. Karena Austria tidak berpartisipasi dalam turnamen ini maka Swedia tidak memiliki musuh di babak pembuka, Uruguay mengungkapkan ketidaksetujuan mereka dengan tidak ikut serta dan Argentina juga menarik diri dari kompetisi ini, karena alasan itu tim dari Kuba dan juga Belanda India Timur diundang. Kali ini piala lagi-lagi diangkat oleh Italia. Piala Dunia FIFA tahun beirkutnya dibatalkan karena Perang Dunia II, akhirnya turnamen selanjutnya diadakan kembali di tahun 1950 di Brasil dan Swiss terpilih sebagai tuan rumah tahun 1945.

Dalam 25 tahun terakhir ini sepak bola telah tumbuh secara global. Sepak bola telah mencapai banyak sekali cabang masyarakat, perdagangan dan politik. Permainan ini setidaknya punya 200 juta pemain aktif. FIFA juga kini memliki 208 anggota, fakta ini menjadikan lembaga pengatur sepak bola ini sebagai federasi olah raga yang paling besar dan paling populer.